kenangan

kenangan

Minggu, 25 Desember 2011

MANAJEMEN OPERASI

PENGERTIAN
  • Menurut Fogarty, Schroedee (1994): Definisi kegiatan operasi terdiri dari pengelolaan fungsi organisasi dalam menghasilkan barang dan jasa, adanya sistem transformasi yang menghasilkan barang & jasa, serta adanya pengambilan keputusan sebagai elemen penting dari manajemen operasi. 
  • Menurut Adam (1992), Heizer (2004), dan Stevenson (2005): Manajemen Operasi sebagai suatu sistem yang bertujuan menciptakan barang atau menyediakan jasa. 
  •  Secara umum: manajemen operasi merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan barang, jasa, atau kombinasinya, melalui proses transformasi dari sumberdaya produksi menjadi keluaran yang diinginkan.

PENERAPAN FUNGSI MENAJEMEN
  • Fungsi perencanaan: perencanaan produksi, perencanaan fasilitas, & perencanaan penggunaan sumber daya produksi. 
  •  Fungsi pengorganisasian: menentukan struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi atau departemen dalam subsistem operasi untuk mencapai tujuan organisasi. 
  •  Fungsi penggerakkan: memimpin, mengawasi, memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas. 
  •  Fungsi pengendalian: mengembangkan standar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan 


JENIS ORGANISASI DALAM KEGIATAN OPERASI

Organisasi Manufaktur, ada 2 kategori dasar perusahaan manufaktur:
1.      Continuous Proceess Industries: industri yang memproduksi barang dg proses scr tumpukan (batch), bukan per unit produk. Ex: gula, semen, tepung terigu, pertenunan, & farmasi.
2.      Intermittent Process Industries: atau sering disebut dg discrete parts manufacturing atau produksi barang secara individu/ per unit. Ex: alat2 elektronik, kendaraan bermotor, peralatan kantor & alat2 rumah tangga.
 

untuk lebih jelas dan lengkap silahkan sobat unggah file MANAJEMEN OPERASI disini..
http://www.ziddu.com/download/17948758/ManajemenOperasi.ppt.html




selamat belajar sob....
"_(^_^)_"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar