kenangan

kenangan

Jumat, 23 Desember 2011

PULI

      Puli digunakan untuk mentransmisikan daya dari batang/poros kebatang/poros lainnya dengan menggunakan sabuk atau tali. Rasio kecepatan berbanding terbalik dengan diameter puli merupakan hal yang mutlak dalam penggunaan puli, oleh karena itu dalam memilih diameter puli perlu dipertimbangkan dengan sempurna rasio kecepatannya. Puli harus sempurna dalam penggunaannya, tali atau sabuk untuk menghubungkan puli satu dengan lainnya sejajar dan presisi pada permukaan puli.
Puli biasanya terbuat dari besi tuang (cor), baja tuang, kayu dan kertas. Material tuang (cor) memiliki gesekan dan karakteristik bahan yang baik. Puli yang dibuat dari besi tekan (press) lebih ringan dibandingkan terbuat dari besi tuang, tapi permukaan puli kurang memiliki gesekan .

Puli umumnya terbuat dari besi tuang, karena membut'uhkan biaya yang kecil. Lingkaran bibir puli ditahan dari tengah puli dengan menggunakan lengan atau jeruji. Jeruji dapat berbentuk lurus atau kurva (Gambar 2.1) dan jeruji menyilang digunakan untuk puli elips.
Puli besi tuang umumnya berbentuk lingkaran. Pada bibir puli terdapat celah untuk meletakkan tali/sabuk (crowning). Celah tersebut dimaksudkan agar sabuk mempunyai tegangan yang tetap dan tetap ditengah puli disaat bergerak/berputar. Celah tersebut umumnya berukuran 9 mm untuk 300 mm lebar dari permukaan puli.
Puli besi tuang dapat berbentuk tunggal atau terpisah (split). Bila ditemukan dilapangan dimana salah satu batang/poros digunakan untuk menghubungkan batang/poros lainnya yang telah terdapat puli atau akhir dari transmisi puli, lebih mudah meggunakan puli tipe terpisah (split). Pada puli tersebut terdapat jarak antara permukaan puli satu dan lainnya atau terbagi dua bagian, dihubungkan dengan baut sehingga dapat digunakan pada alat berat 

Puli baja dibuat dari Lembaran/potongan baja yang di tekan (press) dan memiliki daya tahan yang baik. Puli ini lebih ringan 40%-60% daripada besi tuang yang memiliki kapasitas yang sama dan didesain untuk bekerja pada kecepatan tinggi. Pada saat ini koefisien gesekkan dengan permukaan sabuk puli baja lebih sedikit daripada yang terdapat pada puli besi tuang. Puli baja pada umumnya dibuat dengan tipe terpisah yang disambung dengan baut bersama. Pada puli menyambung pada batang/poros dengan dikelem, tidak terdapat pengunci seperti yang sering dioperasikan. Puli baja umumya peralatan yang memiliki ring/paking perubah untuk digunakan pada setiap batang/poros dengan ukuran yang berbeda-beda. Tabel dibawah menentukan jumlah dari jeruji.

Untuk lebih lengkap silah kan baca atau pun download di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar