kenangan

kenangan

Senin, 26 Desember 2011

MOUNT McKINLEY


Gunung McKinley dari utara. Wonder Danau di latar depan.
Elevasi 20.327 kaki (6.196 m) NGVD 29
Menonjol 20.156 kaki (6.144 m)
Listing Tujuh puncak
Ultra menonjol puncak
Bangsa titik tertinggi
Negeri AS titik tertinggi
Tertinggi Prominence
Lokasi
Gunung McKinley berlokasi di Alaska
Gunung McKinley
Denali Taman Nasional dan Cagar, Alaska, Amerika Serikat
Range Alaska Range
Koordinat 63 ° 04'10 "N 151 derajat 00'27" WCoordinates: 63 ° 04'10 "N 151 derajat 00'27" W
Topo peta USGS Mt. McKinley A-3
Pendakian
Pertama pendakian 7 Juni 1913 oleh
United Kingdom Hudson Stuck
Amerika Serikat Harry Karstens
Amerika Serikat Walter Harper
Amerika Serikat Robert Tatum
Rute termudah Buttress Barat Rute (gletser / mendaki salju)

Gunung McKinley atau Denali (Koyukon Athabaskan untuk "The One Tinggi") di Alaska Amerika Serikat merupakan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dan Amerika Serikat, dengan ketinggian puncak 20.320 kaki (6.194 m) di atas permukaan laut. CIA World Factbook daftar elevasi puncak sebagai 6.198 meter (20.335 kaki). Ini adalah pusat dari Denali Taman Nasional dan Cagar.

Gunung McKinley adalah pluton granit. Ini telah terangkat oleh tekanan tektonik sementara pada saat yang sama, erosi telah dilucuti batu (agak lebih lembut) sedimen di atas dan di sekitar gunung.

Kekuatan yang mengangkat Gunung McKinley-subduksi dari lempeng Pasifik di bawah rentang besar Amerika Utara piring-juga mengangkat di Alaska selatan. Seperti yang lembaran besar lantai batu laut terjun ke bawah ke dalam mantel, maka Sorong dan crumples benua ke gunung menjulang tinggi yang mencakup beberapa gunung berapi yang paling aktif di benua tersebut. Gunung McKinley di tertentu terangkat relatif terhadap batuan di sekitarnya karena di persimpangan utama kesalahan strike-slip aktif (patahan yang bergerak batuan lateral di seluruh permukaan bumi) yang memungkinkan batu terkubur menjadi unroofed lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang sekitar mereka.

Gunung McKinley memiliki dua puncak yang signifikan: KTT Selatan yang lebih tinggi, sedangkan KTT Utara memiliki ketinggian 19.470 kaki (5.934 m) dan keunggulan sekitar 1.320 kaki (402 m). Pertemuan Utara terkadang dihitung sebagai puncak yang terpisah (lihat misalnya, Daftar fourteeners Amerika Serikat) dan kadang-kadang tidak, itu adalah jarang didaki, kecuali oleh orang-orang rute lakukan pada sisi utara massif tersebut.

Lima aliran gletser besar dari lereng gunung. Glacier Peters terletak di sisi barat laut massif, sedangkan gletser Muldrow jatuh dari lereng timur laut-nya. Hanya untuk sebelah timur Muldrow, dan berbatasan sisi timur massif, adalah Glacier Traleika. Ruth Glacier terletak di tenggara gunung, dan gletser Kahiltna mengarah ke sisi barat daya gunung.
Gunung McKinley memiliki curah lebih besar dan meningkat dari Gunung Everest, meskipun puncak Everest lebih tinggi pada 29.029 kaki (8.848 m). Basis Everest duduk di Dataran Tinggi Tibet [sumber tidak bisa diandalkan] sekitar 17.000 kaki (5.200 m), memberikan kenaikan vertikal nyata sedikit lebih dari 12.000 kaki (3.700 m). Dasar Gunung McKinley kira-kira pada ketinggian 2.000 kaki (610 m), memberikan kenaikan sebenarnya dari 18.000 kaki (5.500 m). Gunung ini juga ditandai oleh cuaca sangat dingin. Serendah -75,5 ° F (-59,7 ° C) Suhu dan windchills serendah -118,1 ° F (-83,4 ° C) telah direkam oleh stasiun cuaca otomatis yang terletak di 18.700 kaki (5.700 m). Menurut National Park Service, pada tahun 1932 ekspedisi Liek-Lindley kembali termometer diri perekaman minimum kiri dekat Browne's Tower, sekitar 15.000 kaki (4.600 m), Gunung McKinley oleh pihak Terjebak-Karstens pada tahun 1913. Semangat termometer dikalibrasi turun hingga 95 ° F di bawah nol dan suhu terendah tercatat di bawah titik itu. Harry J. Liek mengambil termometer kembali ke Washington, DC di mana ia diuji oleh Amerika Serikat dan Biro Cuaca ditemukan akurat. Suhu terendah bahwa mereka telah tercatat ditemukan menjadi sekitar -100 ° F (-73 ° C) derajat.

Artikel utama: sengketa penamaan Denali

Nama gunung adalah sengketa. Orang-orang Koyukon Athabaskan yang mendiami daerah sekitar gunung disebut puncak sebagai Dinale atau Denali ("yang tinggi" atau "yang besar"). Pada akhir 1890-an, seorang prospektor emas menamakannya "McKinley" sebagai dukungan politik untuk kemudian presiden William McKinley. Dewan Nama Geografis Alaska mengubah nama gunung untuk Denali, yang bagaimana disebut lokal. Namun, permintaan tahun 1975 oleh legislatif negara bagian Alaska ke Amerika Serikat pada Geografis Dewan Nama untuk melakukan hal yang sama telah diblok oleh anggota Kongres Ohio Ralph PERATURAN, yang mencakup distrik kampung McKinley's. Anggota delegasi kongres Ohio terus melindungi nama McKinley, menghalangi upaya oleh delegasi Alaska kongres untuk mendapatkan Dewan Geografis Nama untuk mengubahnya ke Denali. Jadi, "Denali" adalah benar menurut negara Dewan Alaska, sementara "McKinley" adalah benar menurut Dewan nasional.
Sejarah

Para Athabaskans Koyukon adalah penduduk asli Amerika pertama dengan akses ke sisi-sisi gunung (tinggal di Yukon, Tanana dan cekungan Kuskokwim). penampakan sejarah Eropa pertama Gunung McKinley terjadi pada tanggal 6 Mei 1794, saat George Vancouver adalah mengamati Lengan Knik dari Inlet Cook dan disebutkan "gunung luar biasa jauh" dalam jurnalnya. Penjelajah Rusia Lavrenty Zagoskin menjelajahi sungai Tanana dan Kuskokwim di tahun 1843 dan 1844 dan mungkin di Eropa untuk pandangan pertama gunung dari sisi lain.

William Dickey, seorang Seattleite New Hampshire kelahiran yang telah menggali emas di pasir di Sungai Susitna, menulis, setelah kembali ke negara-negara yang lebih rendah, account di New York Sun yang muncul pada tanggal 24 Januari 1897. link [mati] Laporannya menarik perhatian dengan kalimat "Kami tidak meragukan bahwa puncak ini adalah yang tertinggi di Amerika Utara, dan memperkirakan bahwa lebih dari 20.000 kaki (6.100 m) tingginya." Sampai saat itu 18.000 kaki (5.500 m ) Gunung Saint Elias diyakini titik tertinggi benua (Gunung Logan masih belum diketahui dan tinggi Gunung St Elias 'telah dibesar-besarkan untuk mengalahkan Pico de Orizaba [rujukan?]). Meskipun kemudian dipuji karena estimasinya, Dicky mengaku bahwa pihak prospektor lain juga menduga gunung yang akan lebih dari 20.000 kaki (6.100 m).
Climbing sejarah

Climbing history

The first recorded attempt to climb Mount McKinley was by Judge James Wickersham in 1903, via the Peters Glacier and the North Face, now known as the Wickersham Wall. This route has tremendous avalanche danger and was not successfully climbed until 1963.
High camp (17,200 ft/5,200 m) of the West Buttress Route pioneered by Bradford Washburn, photographed in 2001

Famed explorer Dr. Frederick Cook claimed the first ascent of the mountain in 1906. His claim was regarded with some suspicion from the start, but was also widely believed. It was later proved false, with some crucial evidence provided by Bradford Washburn when he was sketched on a lower peak.

In 1910, four locals (Tom Lloyd, Peter Anderson, Billy Taylor, and Charles McGonagall), known as the Sourdough expedition, attempted McKinley, despite a complete lack of climbing experience. They spent approximately three months on the mountain. However, their purported summit day was impressive: carrying a bag of doughnuts, each a thermos of hot chocolate, and a 14-foot (4.2 m) spruce pole, two of them reached the North Summit, the lower of the two, and erected the pole near the top. According to them, they took a total of 18 hour–a record that has yet to be breached (as of 2006). No one believed their success (partly due to false claims that they had climbed both summits) until the true first ascent, in 1913.

Pada tahun 1912, ekspedisi Parker-Browne hampir mencapai puncak, kembali hanya dalam beberapa ratus meter itu karena cuaca yang keras. Bahkan, yang mungkin menyelamatkan hidup mereka, sebagai gempa kuat menghancurkan gletser mereka naik jam setelah mereka aman meninggalkannya.
Gunung McKinley Buttress Barat (kiri bawah ke kanan atas), Agustus 2010

Pendakian pertama puncak utama McKinley datang pada tanggal 7 Juni 1913, oleh pihak yang dipimpin oleh Hudson Stuck. Orang pertama yang mencapai puncak adalah Walter Harper, seorang asli Alaska. Harry Karstens dan Robert Tatum juga membuat puncak. Tatum kemudian berkomentar, "Pemandangan dari puncak Gunung McKinley adalah seperti melihat keluar jendela dari Surga!" Mereka naik rute Muldrow Glacier dipelopori oleh ekspedisi sebelumnya, yang masih sering naik hari ini. Stuck dikonfirmasi, melalui teropong, kehadiran tiang besar di dekat KTT Utara; laporan ini menguatkan pendakian penghuni pertama, dan hari ini secara luas diyakini bahwa Sourdoughs tidak berhasil pada KTT Utara. Namun, tiang tidak pernah terlihat sebelumnya atau sejak, jadi masih diragukan. Stuck juga menemukan bahwa pihak Parker-Browne hanya sekitar 200 kaki (61 m) elevasi singkat puncak sejati ketika mereka berbalik kembali.

Lihat jadwal di bawah ini untuk peristiwa yang lebih penting dalam sejarah Gunung McKinley's mendaki.

Gunung ini secara teratur naik hari ini, pada tahun 2003, sekitar 58% dari pendaki mencapai puncak. Namun pada 2003, gunung telah merenggut nyawa hampir 100 pendaki gunung dari waktu ke waktu. Sebagian besar pendaki menggunakan Buttress Barat Route, dirintis pada tahun 1951 oleh Bradford Washburn, setelah analisis foto udara yang luas gunung. Pendaki biasanya berlangsung dua sampai empat minggu untuk naik gunung.
Timeline

Timeline

1896-1902: Survei yang dilakukan oleh Muldrow Robert, George Eldridge, Alfred Brooks.
1903: Pertama usaha, oleh Hakim James Wickersham.
1906: Frederick Cook salah mengklaim pendakian pertama McKinley.
1910: The Sourdoughs naik KTT Utara.
1912: Upaya Parker-Browne hampir mencapai Summit Selatan.



Mt. McKinley pada bulan Juli 2006

1913: pendakian pertama oleh Hudson Stuck, Walter Harper, Harry Karstens, Robert Tatum.
1932: Kedua pendakian, oleh Alfred Lindley, Harry Seperti, Grant Pearson, Erling Strom. (Kedua puncak tersebut naik.)
1947: Barbara Washburn menjadi wanita pertama yang mencapai puncak sebagai suaminya Bradford Washburn menjadi yang pertama menuju puncak dua kali.
1951: pendakian Pertama Buttress Barat Route, yang dipimpin oleh Bradford Washburn.
1954: pendakian Pertama Buttress Selatan Rute yang sangat panjang.
1959: pendakian Pertama Rib Barat, kini rute yang populer, agak teknis ke puncak.
1961: pendakian Pertama Cassin Ridge, rute teknis yang paling terkenal di gunung. Ini adalah tonggak utama di Alaska mendaki.
1963: Dua tim membuat ascents pertama dari dua rute berbeda pada Wall Wickersham.
1967: Pertama pendakian musim dingin, melalui Buttress Barat, oleh Dave Johnston, Seni Davidson dan Ray Genet.
1967: Tujuh anggota binasa ekspedisi Joe Wilcox dua belas-orang, sementara terdampar selama sepuluh hari di dekat puncak, dalam apa yang telah digambarkan sebagai badai terburuk dalam sejarah. Sampai saat itu, ini adalah bencana terburuk ketiga dalam sejarah pendakian gunung dalam hal kehidupan yang hilang.
1970: Pertama solo pendakian oleh Naomi Uemura.
1972: Sylvain Saudan, "pemain ski dari Impossible", ski menuruni wajah barat daya belaka, ditaklukkan untuk pertama kalinya oleh pemain ski atau pemanjat.
1979: Pertama pendakian oleh tim anjing dicapai oleh Susan Butcher, Ray Genet, Brian Okonek, Joe Redington, Sr, dan Robert Stapleton.
1984: Uemura kembali ke musim dingin membuat pendakian solo pertama, namun meninggal setelah summitting. Tono Križo, František Korl dan Blažej Adam dari Asosiasi Mountaineering Slowakia memanjat rute yang sangat langsung ke puncak, sekarang dikenal sebagai Route Slovakia, di sisi selatan gunung, ke kanan Cassin Ridge.
1988: solo Pertama pendakian musim dingin dengan kembali aman, oleh Vern Tejas.
1997: Pertama sukses pendakian up Fork Barat Traleika Glacier hingga Karstens Ridge bawah Browne Tower. Jalan ini bernama "Butte Langsung" oleh dua pendaki Jim Wilson dan Jim Blow.

Stasiun Cuaca

Club Alpine memasang stasiun meteorologi di punggung bukit dekat puncak Denali pada ketinggian 5.710 m di tahun 1990. Pada tahun 1998, stasiun ini cuaca disumbangkan kepada International Arctic Research Center di University of Alaska Fairbanks. Pada bulan Juni 2002, sebuah stasiun cuaca ditempatkan di tingkat (5.800 m) 19.000 kaki. Stasiun ini cuaca dirancang untuk mengirimkan data secara real-time untuk digunakan oleh publik mendaki dan komunitas sains. Sejak berdirinya, upgrade tahunan untuk peralatan telah dilakukan dengan adat instrumentasi dibangun untuk kondisi cuaca ekstrim dan ketinggian. Stasiun ini cuaca merupakan salah satu dari dua stasiun cuaca di dunia yang terletak di atas 18.000 kaki (5.500 m).

Stasiun cuaca mencatat suhu terendah -75,5 ° F (-59,7 ° C) pada tanggal 1 Desember 2003. Pada hari sebelumnya, 30 November 2003, suhu -74,4 ° F (-59,1 ° C) dikombinasikan dengan kecepatan angin 18,4 mil per jam untuk menghasilkan catatan Windchill Utara Amerika -118,1 ° F (-83,4 ° C ).

Bahkan pada bulan Juli, suhu serendah -22,9 ° F (-30,5 ° C) dan windchills serendah -59,2 ° F (-50,7 ° C) telah dicatat oleh stasiun cuaca.
Subpeaks dan gunung terdekat
Gunung McKinley, di sini terselubung dalam awan, cukup besar untuk menciptakan cuaca lokal nya sendiri.

Selain KTT Utara yang disebutkan di atas, fitur lain yang kurang signifikan terhadap massif yang kadang-kadang dimasukkan sebagai puncak terpisah adalah:

Buttress Selatan, 15.885 kaki (4.842 m); menonjol rata-rata = 335 kaki (102 m)
Buttress Timur titik tinggi, 14.730 kaki (4.490 m); menonjol rata-rata = 380 kaki (116 m)
Buttress Timur, titik paling topografi menonjol, 14.650 kaki (4.465 m); menonjol rata-rata = 600 kaki (183 m)
Browne Tower, 14.530 kaki (4.429 m); menonjol rata-rata = 75 kaki (23 m)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar