kenangan

kenangan

Rabu, 21 Desember 2011

SAMBUNGAN PAKU KELING


BAB I
SAMBUNGAN PAKU KELING

A.   Pendahuluan
Paku keling adalah sebuah batang pendek berbentuk selinder pada bagian kepala berbentuk bulat, bagian selinder pada paku disebut tangkai atau badan dan bagian bawah tangkai adalah ekor. Seperti ditunjukan dalam gambar 1.1 Penyambungan dengan paku keling dilakukan untuk menyambung pelat secara permanen. 
Sambungan ini  biasanya diaplikasikan pada struktur baja, tangki, boiler,  pesawat terbang dan alat-alat rimah tangga. Bahan paku keling yang biasanya digunakan adalah baja, kuningan, aluminium dan tembaga. Untuk sambungan yang membutuhkan kekuatan dan kerapatan, seperti pada boiler dan lambung kapal, digunakan paku keling dari baja. 
 

A.   Metode Pengelingan
Fungsi paku pada sambungan paku keling adalah untuk membuat hubungan yang kuat dan rapat. Kekuatan diperlukan untuk menjaga agar sambungan tidak rusak. Sedangkan kerapatan diperlukan, selain untuk kekuatan juga untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran, seperti pada boiler atau lambung kapal.
Jika dua pelat akan disambung dengan paku keling seperti dilihat pada gambar 1.2 (a) lubang pada plate di pukul, dilebarkan dan dib or, pemukulan adalah metode termudah dan ini digunakan untuk plate yang relative tipis dialam struktur pekerjaan. Jika pemukulan ini merusak bahan disekitar lubang, maka yang digunakan aldalah pengeboran, ini banyak di gunakan untuk pekerjaan bejana tekan. Pada sambungan untuk struktur dan bajana tekan, diameter lubang pelat biasanya 1,5 mm lebih besar dari diameter nominal paku.
 Pelat di bor bersaman dan kemudian dipisahkan untuk menghilangkan kotoran atau dipotong agar memiliki sebuah celah antara pelat. Paku yang telah dipanaskan dimasukan kedalam lubang kedua pelat, kemudian ujungnya di bentuk menyerupai kepala paku, pembentukan kepala pak ini dapat dilakukan dengan menggunakan palu atau cetakan. Pada saat dipukul diameter batang palu akan membesar dan mengisi lubang pelat secara penuh. Sehingga menghasilkan sambungan yang tepat dan kuat. Seperti pada gambar 1.2
Pada pengelingan dangan mesin, cetakan adalah bagian dari palu yang mana dioperasikan oleh udara, tekanan udara atau tekanan uap.


download (sambungan paku keling) selengkapnya di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar