kenangan

kenangan

Rabu, 21 Desember 2011

POROS

POROS

A.  Pendahuluan
Sebuah poros adalah bagian mesin yang berputar yang digunakan untuk memindahkan daya dari satu tempat ke tempat yang lain. Tenaga yang dipindahkan pada poros oleh sebuah gaya tangensial dan menghasilkan momen putar yang dipasang dalam tenaga yang diijinkan untuk dipindahkan pada beberapa mesin yang terhubung pada poros. Untuk memindahkan tenaga dari poros ke lainnya, berbagai komponen seperti puli, roda gigi, dan lain-lain dipasang pada poros. Komponen yang terpasang pada porong ini menyebabkan poros membengkok. Dengan kata lain kita bisa mengatakan bahwa poros digunakan untuk memindahkan putaran dan momen bengkok. Komponen yang dipasang di poros dipasang dengan menggunakan pena atau spi.

B.  Bahan Poros
Bahan yang umumnya digunakan untuk poros adalah baja menengah. Ketika tegangan tinggi dibutuhkan, maka digunakan baja paduan seperti nikel, krom-nikel atau baja krom-vanadium.
Poros umumnya dibentuk dengan pengerolan panas dan difinishing untuk mendapatkan ukurannya dengan proses dingin atau pembubutan dan gerinda. Poros yang diroll dingin lebih kuat daripada poros yang diroll panas tapi dengan tegangan sisa lebih tinggi. Tegangan residual menyebabkan penyimpangan pada poros saat pemesinan, khususnya saat pembuatan lubang spi atau pena. Poros dengan diameter yang lebih besar untuk mendapatkan ukurannya digunakan mesin bubut.

C.  Jenis poros
Beberapa jenis poros dilihat dari penggunaanya.
1.   Poros Transmisi
2.   Poros Mesin


untuk lebih lengkap tentang poros silahkan
download di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar