A. TUJUAN
1. Memberikan pengenalan dan wawasan tentang sistem produksi dan
manajemen produksi serta ukuran kinerjanya.
2. Memberikan pengetahuan tentang keputusan yang perlu dilakukan
di dalam manajemen produksi serta ruang lingkupnya.
3. Memberikan pengetahuan tentang kaitan antara strategi bisnis /
korporasi dengan strategi operasi
B. PENGANTAR
Didalam suatu unit usaha dikenal adanya berbagai macam fungsi yang
saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya, diantaranya terdapat tiga
fungsi pokok yang selalu dijumpai yaitu :
1. Pemasaran (marketing) yang merupakan ujung tombak dari unit
usaha, sebab bagian ini langsung berkaitan dengan konsumen.
Keterkaitan ini dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen
(jenis dan jumlahnya) maupun pelayanan dan pengantaran produk ketangan
konsumen.
2. Keuangan (finance) yang bertanggung jawab atas perolehan dana
guna pembiayaan aktivitas unit usaha serta pengelolaan dana secara ekonomis
sehingga kelangsungan dan perkembangan unit usaha dapat dipertahankan.
3. Produksi (operasi) yang merupakan penghasil dari produk atau
jasa yang akan dipasarkan kepada konsumen. Mata kuliah ini mencoba membahas
tentang manajemen produksi. Pada sesi pembuka ini akan dibahas tentang
pengertian sistem produksi, karakteristiknya begitu juga tentang manajemen
produksi dan pengukuran kinerja. Selain itu akan dibahas pula tentang ruang
lingkup keputusan yang perlu diambil serta strategi operasi yang merupakan
penjabaran dari strategi bisnis / korporasi.
silahkan lihat baca selengkapnya disini
"_(^_^)_"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar